Monday 3 June 2019


TIPS MENJAGA POLA MAKAN DI HARI LEBARAN

Lebaran merupakan momentum untuk saling maaf-memaafan antarsesama. Tradisi silahturahmi kepada sesama sudara dan makan-makanpun menjadi agenda rutin disetiap keluarga. Meskipun begitu, menjaga kesehatan dengan memperhatikan pola makanpun harus diperhatikan.

Di depan kita ada aneka kudapan dan hidangan. Sebelum mulai makan, coba ambil jeda terlebih dahulu. Perhatikan menu atau makanan apa saja yang memang kita butuhkan dan sesuai dengan kapasitas perut kita. Ingat lagi saat bulan Ramadan, biasanya saat sahur dan berbuka kita sebenarnya tak perlu makan sampai kekenyangan untuk membuat tubuh lebih berenergi. Kendalikan diri untuk memilih dan memilah makanan yang memang kita butuhkan, bukan sekadar "lapar mata".

Setiap kali bertamu atau berkunjung ke rumah keluarga dan kerabat, minuman yang disuguhkan biasanya mengandung gula. Gula atau karbohidrat terbaik diminum atau dimakan pada saat tubuh baru saja melakukan aktivitas fisik (saat glikogen habis). Dengan begitu bakal meminimalisir gula untuk diubah menjadi lemak. Bila setiap kali ngemil atau makan, kita langsung memilih minuman dengan kadar gula yang tinggi, bisa-bisa timbunan lemak dalam tubuh malah meningkat. Jadi, untuk amannya, selama lebaran ini perbanyak minum air putih biasa saja, ya.

Tubuh yang sehat, bugar, dan langsing bukan disebabkan karena sebuah keberuntungan atau keturunan, tetapi karena pola hidup yang sehat. Salah satu faktor yang menunjang pola hidup sehat tersebut adalah pola makan sehat. Jadi slalu jaga kesehatan saat lebaran y bunda......

0 comments:

Post a Comment