Sunday 2 June 2019


DOA DAN KESUKSESAN

Doa Ketika Hendak Merintis Sebuah Bisnis Usaha
Alloohummak finii bi halaalika an haroomika, wa aghninii bi fadhlika amman siwaaka. Alloohumma innii a’uudzubika minal hammi wal hazni wal kasli wal bukhli wa dhol’id daini wa gholabatir rijaal.
“Ya Allah cukupkanlah diriku dengan yang halal dari sisi-Mu. Cukupkanlah aku dengan karunia-Mu sehingga aku tidak butuh lagi kepada siapa pun selain Engkau. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kesusahan, kesedihan, kemalasan, kekikiran, dan dari lilitan utang, serta kekangan dari banyak orang.” (HR. Ahmad, Tirmidzi, dan Hakim)
Pada dasarnya, doa tersebut diajarkan oleh Rasulullah SAW agar kita dapat melunasi utang-utang yang menumpuk atau ketika mempunyai kebutuhan yang sangat mendesak. Doa tersebut sebagaimana yang diriwayatkan oleh Abi Wail dari Ali RA bahwa ia berkata kepadanya, “Maukah aku ajarkan sebuah kalimat yang diajarkan oleh Rasulullah SAW, kalaulah kalian mempunyai utang sebesar gunung maka Allah SWT akan mencukupinya.” “Tentu, jawab Wail.” (Kemudian Ali RA membaca doa di atas).
Dagang merupakan satu dari sekian banyak mata pencaharian yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW sebab beradang atau usaha dagang mempunyai peluang tujuh kali lipat lebih besar untuk mendapatkan kekayaan jika dibandingkan dengan usaha lain. Dalam dagang, ada banyak barang yang bisa dijual mulai dari pelayanan atau jasa, barang, keterampilan, karya seni dan sebagainya.

0 comments:

Post a Comment