Karakteristik Media Dalam Pendidikan - Dari contoh pengelompokan yang diadakan oleh Schramm, kita dapat
melihat media menurut karakteristik ekonomisnya, lingkup sasarannya yang dapat
diliput, dan kemudahan kontrol pemakai. Karakteristik media juga dapat dilihat
menurut kemampuan membangkitkan rangsangan indera penglihatan, pendengaran,
perabaan, pengecapan, maupun penciuman, atau kesesuaiannya dengan tingkatan
hierarki belajar seperti yang digarap oleh Gagne, dan sebagainya.
Karakteristik media ini sebagaimana dikemukakan oleh Kemp (1975)
merupakan dasar pemilihan media sesuai dengan situasi belajar tertentu. Dia
mengatakan "The question of what
media attributes are necessary for a given learning situation becomes the basis
for media selection." Jadi klasifikasi media, karakteristik media dan
pemilihan media merupakan kesatuan yang tidak terpisahkan dalam penentuan
strategi pembelajaran.
Untuk tujuan-tujuan praktis, di bawah ini akan dibahas karakteristik
beberapa jenis media yang lazim dipakai dalam kegiatan belajar mengajar
khususnya di Indonesia.
1. Media Grafis
Media grafis termasuk media visual. Sebagaimana halnya
media yang lain, media grafis berfungsi untuk menyalurkan pesan dari sumber ke
penerima pesan. Saluran yang dipakai menyangkut indera penglihatan. Pesan yang
akan disampaikan dituangkan ke dalam simbol-simbol komunikasi visual.
Simbol-simbol tersebut perlu dipahami benar artinya agar
proses penyampaian pesan dapat berhasil dan efisien. Selain fungsi umum
tersebut, secara khusus grafis berfungsi ppula untuk menarik perhatian,
memperjelas sajian ide, mengilustrasikan atau menghiasi fakta yang mungkin akan
cepat dilupakan atau diabaikan bila tidak digrafiskan.
Selain sederhana dan mudah pembuatannya media grafis
termasuk media yang relatif murah ditinjau dari segi biayanya. Banyak jenis
media grafis, beberapa di antaranya akan kita bicarakan dalam bahasan di bawah ini.
A. Gambar/Foto
Di antara media pendidikan, gambar/foto adalah media
yang paling umum dipakai. Dia merupakan bahasa yang umum, yang dapat di
mengerti dan dinikmati di mana-mana. Oleh karena itu, pepatah Cina yang
mengatakan bahwa sebuah gambar berbicara lebih banyak daripada seribu kata.
Beberapa kelebihan media gambar foto yang lain
dijelaskan di bawah ini.
1)
Sifatnya
konkret; gambar/foto lebih realistis menunjukkan pokok masalah dibandingkan
dengan media verbal semata.
2)
Gambar
dapat mengatasi batasan ruang dan waktu. Tidak semua benda, objek atau
peristiwa dapat dibawa ke kelas, dan tidak selalu bisa anak-anak dibawa ke
objek/peristiwa tersebut. Gambar atau foto dapa mengatasi hal tersebut. Air
terjun Niagara atau Danau Toba dapat disajikan ke kelas lewat gambar atau foto.
Peristiwa-peristiwa yang terjadi di masa lampau, kemarin, atau bahkan semenit
yang lalu kadang-kadang tak dapat kita lihat seperti apa adanya. Gambar atau
foto amat bermanfaat dalam hal ini.
3)
Media
gambar/foto dapat mengatasi keterbatasan pengamatan kita. Sel atau penampang
daun yang tak mungkin kita lihat dengan mata telanjang dapat disajikan dengan
jelas dalam bentuk gambar atau foto.
4)
Foto dapat
memperjelas suatu masalah, dalam bidang apa saja dan untuk tingkat usia berapa
saja, sehingga dapat mencegah atau membetulkan kesalahapahaman.
Artikel Terkait :
Dalam pengertian teknologi pendidikan, media atau bahan sebagai
sumber belajar merupakan komponen dari sistem instruksional di samping pesan,
orang, teknik latar dan peralatan. Pengertian media ini masih sering dikacaukan
dengan peralatan. Media atau bahan adalah perangkat lunak (software) berisi pesan atau informasi pendidikan yang biasanya
disajikan dengan mempergunakan peralatan. BACA SELENGKAPNYA.
0 comments:
Post a Comment