Monday 3 June 2019


PENTINGNYA MENJALIN PERTEMANAN DALAM BERWIRAUSAHA

Pada masa-masa seperti ini, pintar saja tidaklah cukup untuk meraih kesuksesan. Membangun relasi yang baik dengan orang-orang adalah hal yang paling utama bagi mereka yang ingin membangun masa depannya. Hal tersebut berlaku bagi Anda yang ingin menjadi karyawan ataupun pengusaha. Anda bisa melihat bagaimana nasib orang yang pintar dari sisi akademis, tetapi minim relasi dibandingkan orang yang biasa saja dari sisi akademis, tetapi banyak relasi.
Mampu Bergaul dan Bekerjasama  dengan  orang  lain  adalah  salah  satu  syarat  menjadi orang  wirausahawan.  Bergaul  bukan  dalam  hal  pribadi  saja,  melainkan membangun  networking,  relasi,  kerjasama  dengan  orang  lain.  Mengenal banyak  orang  berarti  akan  menambah  tingkat  orang  yang  Anda  kenali, dan  bahkan  mungkin  menjadi  teman  dan  sahabat  Anda,  yang  suatu  saat menjadi  rekan  bisnis,  customer,  bahkan  donatur  usaha  Anda.  Seorang wirausahawan  dituntut  untuk  mampu  membangun  relasi  dalam  dunia bisnis, customer, bahkan domatur dalam usaha anda.
Penting untuk dipahami karena tidak setiap orang memiliki sifat yang toleran dan bijak. Banyak juga orang yang memiliki sifat apatis dan arogan. Namun, bukan berarti orang seperti itu harus Anda hindari. Boleh saja orang seperti itu dianggap merugikan. Nyatanya, tanpa diduga malah bisa bermanfaat bagi Anda, baik dalam urusan pekerjaan maupun usaha yang Anda geluti.
Pada dasarnya, setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda-beda satu sama lain. Namun, yang harus Anda perhatikan di sini adalah bagaimana caranya menghadapi sifat relasi Anda. Semakin banyak Anda berhadapan dengan orang, semakin banyak pengalaman Anda. Pastinya Anda bisa mempelajari dan beradaptasi dengan berbagai macam sifat orang.

0 comments:

Post a Comment