Tuesday 2 July 2019


Membangun Karakter Kuat Dalam Berwirausaha

Tidak ada hal yang mudah dalam menjadi pengusaha dan membentuk karakter pengusaha dalam setiap pribadi, bahkan boleh dibilang tidak ada hal mudah dalam menjalankan peranan apapun di dunia ini. Sangatlah dibutuhkan karakter kuat untuk menjalani semua bidang usaha, berikut ini beberapa cara pemikiran dalam menjadi pengusaha yang lebih bisa mandiri.
1. Konsisten dan fokus
Tidak ada yang lebih lagi dari ini. Kefokusan dalam berusaha akan menjadikan diri sendiri lebih tahu akan apa yang dikerjakan. Konsistensi dalam berusaha akan menjadikan diri sendiri menjadi ahli. Teruslah fokus dan lakukan terus apa yang sudah menjadi pilihan dalam berusaha, jangan tergiur dengan rumput tetangga karena rumput tetangga itu haram untuk dimakan.
Berbuatlah yang terbaik (minimal) untuk diri sendiri, sehingga akan memudahkan kita untuk mempelajari yang terbaik untuk orang lain. Itulah karakter pengusaha. Sikap dan sifat pengusaha tidak akan pernah merugikan orang lain apalagi teman sendiri. Pengusaha tetap akan menapakkan kakinya ke bumi sesukses apapun dirinya. Selamat terus belajar dan belajar yang sudah pasti akan membuat kita berkeringat.
2. Hargai produk orang lain
Dengan menghargai produk orang lain, maka anda akan bisa menempatkan situasi yang sama bilamana suatu saat ada orang lain yang membutuhkan produk anda. Hormati karya dari orang lain atau bahkan teman. Bukanlah sifat pengusaha yang baik bila sebenarnya bisa membayar layak (pantas) atas karya/produk teman sendiri namun berusaha mendapatkan harga semurah mungkin dengan alasan “pertemanan”. Kejadian ini sudah banyak terjadi di banyak komunitas. Bila memang anda adalah seorang teman, maka berilah lebih.

0 comments:

Post a Comment